Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Menetapkan Harga Sewa Rumah

Posted by Adrian Adam on 16/02/2018
| 0

Kelebihan investasi di properti adalah kita memiliki 2 keuntungan sekaligus. Selain nilai aset properti meningkat seiring waktu, kita bisa dapatkan juga pemasukan dari aset properti jika disewakan/dikontrakkan.

Banyak parameter untuk menetapkan harga sewa rumah. Kita bisa mengacu dari harga pasaran, banyaknya kompetitor, nilai bisnis, kondisi aset, dll.

Salah satu parameter yang dapat dipergunakan untuk menetapkan harga sewa adalah didasarkan dengan nilai aset tersebut. Biasanya untuk rumah tinggal sekitar 3-5%. atau kalau yang berniali bisnis sekitar 5%.

Misalnya untuk rumah kita yang nilainya 1,2 milyar, bisa ditetapkan maksimal sewa 60 juta per tahun, tentunya dengan catatan rumahnya dalam kondisi siap pakai. tanpa harus renovasi lagi. Ini nilai idealnya, walaupun kita juga harus pertimbangkan juga kompetitor rumah disewakan disekitar kita. kalau banyak pesaingnya alangkah lebih bijak kalau harga kita sesuaikan untuk memenangkan persaingan. Apalagi ‘sayang’ kalau kita bertahan di harga sewa ideal tapi untuk mendapatkan penyewanya memerlukan waktu lama, oke juga kalau harga disesuaikan (*baca: diturunkan) tapi cepat tersewa. Lumayan kan tertunda tersewa 1 bulan artinya kita kehilangan nilai 1 bulan sewa, atau senilai 5 juta jika nilai sewa 60 juta per tahunnya.

Salam

Adrian Adam

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  • Advanced Search

    More Search Options

Compare Listings