Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Presiden Jokowi Direncanakan Resmikan Tol Soroja

Posted by Adrian Adam on 13/11/2017
| 0

Presiden Joko Widodo direncanakan untuk meresmikan pelaksanaan uji coba Jalan Tol Soreang Pasirkoja (Soroja), Jawa Barat, November 2017. “Diharapkan bisa diresmikan oleh Presiden, menunggu menteri dan protokoler Presiden, kami berharap demikian karena ini kan proyek strategis nasional,” kata Dirut PT Citra Marga Lintas Jabar Bagus Medi S usai bertemu Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa di Gedung Sate Bandung, Rabu (8/11).

Ia mengatakan PT Citra Marga Lintas Jabar selaku investor pembangunan Jalan Tol Soroja telah menyurati Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) terkait perkembangan terkini pembangunan tol tersebut.

“Jadi kami sudah menyurati untuk izin tanda kutip bahwa tol sudah selesai. Nanti itu bakal ada uji layak fungsi, karena kami sudah melakukan PHO (provisional hand over) atau serah terima jalan tol sementara dari kontraktor ke owner (BPJT),” kata dia.

Ia optimistis BPJT bersama tim gabungan dari Kementerian Perhubungan dan Korlantas Mabes Polri akan mengecek langsung kesiapan dan keamanan Jalan Tol Soroja. Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung untuk melakukan rekayasa lalu lintas sebagai dampak dari uji coba Tol Soroja.

“Biasanya kalau ke Soreang lewat alteri bisa 2 jam begitu masuk tol hanya 10 menit, artinya di ujung arteri ada kemacetan kami prediksi begitu. Itu harus diantisipasi oleh Dishub agar tidak terjadi macet di ujung jalan tol. Kami tidak mau begitu harus ada sinkroniasi antara pemkab atau dishub,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Jawa Barat Iwa Karniwa menambahkan berdasarkan data yang diterimanya dari PT Citra Marga Lintas Jabar diketahui bahwa progres pengerjaan Tol Soroja sudah terealisasi 98,88 persen.

“Hasil itu didapat dari realisasi akumulasi pengerjaan struktur dan lean concrete di setiap seksi. Konstruksi bisa dikatakan sudah selesai, tinggal tahap akhir. Pengerjaan lainnya lebih ke kelengkapn jalan, seperti pemasangan barrier, rumput, rambu, saluran U-Ditch, Pagar ROW, Pondasi PJU dan pemasangan kilometer post,” kata Iwa.

Sisanya, lanjut Iwa, adalah pengerjaan di rigid pavement untuk seksi I (yakni dari Pasirkoja-Marga asih) sudah mencapai 99.90 persen, seksi II (Katapang) mencapai 99,35 persen. Tol Soroja yang memiliki panjang sekitar 10,55 km dengan rincian main road tol tersebut sepanjang 8,85 km dilengkapi dengan exit tol tersebar di lima titik.

Kelima exit tol tersebut adalah Exit Tol Marga Asih Barat, Exit Tol Marga Asih Timur, Exit Tol Kutawaringin Barat, Exit Tol Kutawaringin Timur dan Exit Tol Soreang.

Sumber: republika.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  • Advanced Search

    More Search Options

Compare Listings